Telkom Tunjukkan Komitmen ESG lewat Program Sobat Aksi BUMN 2025 di Desa Banyuasin

0
28
Beberapa Relawan Program "Sobat Aksi BUMN 2025" saat melakukan kegiatan gotong royong mengecat pagar masjid bersama masyarakat setempat pada program "Sobat Aksi BUMN 2025" di Desa Banyuasin, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung yang berlangsung pada Sabtu (15/3).

RATAS – Telkom Tunjukkan Komitmen ESG lewat Program Sobat Aksi BUMN 2025 di Desa Banyuasin PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), melalui Telkom Daerah Pangkalpinang (Telda Pangkalpinang), menunjukkan komitmennya terhadap prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) lewat program Sobat Aksi BUMN 2025 di Desa Banyuasin, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, yang digelar pada Sabtu (15/3).

Program ini merupakan bagian dari kepedulian Telkom terhadap masyarakat, sekaligus menjadi wujud nyata kontribusi sosial perusahaan, khususnya dalam momentum bulan suci Ramadan. Kegiatan ini dihadiri oleh Head of Telkom Daerah Pangkalpinang Bambang Eko Surya, Kepala Desa Banyuasin Rohmi, S.Kom., dan Ketua Yayasan Al Ikhlas Sobirin.

Sebanyak sembilan orang karyawan Telkom terlibat langsung sebagai relawan, untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan meningkatkan budaya kepedulian sosial di lingkungan perusahaan.

Dukung UMKM dan Aksi Sosial untuk Lingkungan

Salah satu fokus utama kegiatan adalah pemberdayaan UMKM lokal. Para relawan Telkom turut membantu membentuk ekosistem bazar Ramadan, mulai dari pemberian bantuan modal belanja, proses pembelian bahan baku, produksi, hingga mendirikan tenda sebagai sarana berjualan. Langkah ini merupakan implementasi pilar Social ESG, yang menekankan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA :  KPK Tetapkan 13 Tersangka pada Kasus Suap di Mahkamah Agung, Hercules Terlibat?

Tak hanya itu, aksi gotong royong dilakukan bersama warga untuk memperindah lingkungan, khususnya dengan pengecatan pagar masjid di desa. Telkom juga memberikan dukungan fasilitas seperti kipas angin dan alat kebersihan. Inisiatif ini sejalan dengan pilar Environmental ESG, yang menitikberatkan pada kontribusi positif terhadap lingkungan sekitar.

Berbagi Kebahagiaan Ramadan

Kegiatan juga menyasar kelompok rentan. Sebanyak 12 anak yatim dari Desa Banyuasin diajak berbelanja pakaian baru dan bermain di area bermain swalayan di Pangkalpinang. Mereka juga berkesempatan menikmati jalan-jalan keliling kota, memberikan pengalaman yang membahagiakan dan berkesan.

Selain itu, sebanyak 28 orang dhuafa menerima paket bantuan sembako yang dibagikan langsung oleh para karyawan Telkom sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan di bulan penuh berkah.

Komitmen Jangka Panjang untuk ESG

Head of Telkom Daerah Pangkalpinang, Bambang Eko Surya, menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Telkom dalam menjalankan prinsip ESG.

“Kami percaya bahwa penerapan ESG yang baik akan memberikan dampak positif bagi perusahaan dan masyarakat. Melalui kegiatan ini, kami ingin menunjukkan bahwa Telkom tidak hanya fokus pada keuntungan bisnis, tetapi juga peduli terhadap kesejahteraan rakyat dan lingkungan,” ujarnya.

BACA JUGA :  Akibat Pandemi Berkepanjangan, 64 Maskapai Penerbangan Bangkrut 

Program Sobat Aksi BUMN menjadi salah satu bentuk nyata sinergi antara BUMN dan masyarakat dalam menciptakan keberlanjutan sosial dan lingkungan. Dengan pendekatan empati dan aksi nyata, Telkom terus menunjukkan bahwa keberhasilan bisnis dapat berjalan seiring dengan nilai kemanusiaan dan kepedulian sosial. (HDS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini