RATAS – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus memperkuat kontribusinya dalam pembangunan berkelanjutan melalui penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). Salah satu upaya tersebut diwujudkan melalui penyelenggaraan Roadshow GoZero% Goes to Bandung yang digelar pada 18–19 September 2025 dengan tajuk “Manage Waste, Manifest Change.”
Program ini menjadi ruang eksplorasi sekaligus inkubasi gagasan inovatif karyawan Telkom, khususnya dalam pengelolaan sampah yang menjadi persoalan nasional. Puncak kegiatan di Bandung ditandai dengan pelaksanaan GoZero% Innovation Festival, yakni kompetisi internal yang menampilkan inovasi digital dan non-digital berorientasi ESG dan GoZero%.
“Selama ini, sampah menjadi masalah di berbagai kota besar. Penyelesaiannya membutuhkan inovasi dan keterlibatan berbagai pihak,” ujar VP Sustainability Telkom, Gunawan Wasisto, dalam sambutan pembukaan.
Sebanyak delapan tim karyawan TelkomGroup Regional II berkompetisi, yaitu Greenti, EcoQuest, Maggofice, Rewind, Forth, Greenpoint, Stavi, dan Trashure. Dari delapan inovasi yang ditampilkan, tiga tim terpilih sebagai yang terbaik:
Mengembangkan platform pengelolaan sampah berbasis circular economy melalui Smart Bin dengan teknologi kamera untuk object detection dan face recognition, dilengkapi aplikasi terpadu yang mencakup edukasi, reward point, hingga sistem distribusi sampah.
Menghadirkan konsep green office melalui kampanye pengumpulan sampah, pembuatan biopori, serta vertical garden dari material daur ulang.
Menciptakan model daur ulang kabel fiber optik bekas untuk dijadikan media pembelajaran dan pelatihan.
SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom, Ahmad Reza, menyebut bahwa inovasi-inovasi ini membuktikan bahwa penguatan ESG di Telkom bukan sekadar formalitas.
“Inisiatif GoZero% menjadi bukti nyata bahwa program ESG Telkom bukan hanya pelengkap, tetapi gerakan berkelanjutan dengan dampak yang terukur. Dengan mindset tumbuh bersama, kita menjaga lingkungan hari ini sekaligus masa depan generasi mendatang,” tegas Reza.
Melalui GoZero% Bandung, Telkom menegaskan perannya dalam memperkuat implementasi keberlanjutan lingkungan, sekaligus menggerakkan karyawan sebagai motor inovasi. Inisiatif ini tidak hanya memberi manfaat bagi masyarakat Bandung, tetapi juga menjadi bagian dari roadmap keberlanjutan Telkom di berbagai daerah.
Dengan semangat kolaboratif, Telkom berharap program ini dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk terlibat dalam pengurangan sampah, pelestarian lingkungan, dan penciptaan masa depan yang lebih hijau di Indonesia. (HDS)