Air Sumur Warga Gunung Sindur Tercemar BBM, Penjualan Pertalite di TKP Dihentikan Sementara

0
66
Berdasarkan hasil sampel air yang dibawa warga Gunung Sindur dari sumur yang berjarak empat sampai lima rumah dari SPBU, memang (ditemukan indikasi terjadinya campuran BBM jenis Pertalite. (foto: tangkapan layar)

RADAR TANGSEL RATAS – Sejumlah sumur milik warga di Kampung Nagrog, Desa Pengasinan, Kecamatan Gunung Sindur, Bogor, dikabarkan tercemar bahan bakar minyak (BBM) karena kebocoran tangki pendam SPBU. Kabar mengenai kejadian tersebut awalnya viral di media sosial dalam bentuk video pada Kamis (7/9/2023).

Video yang berdurasi 1 menit 41 detik itu menunjukkan seorang pria sedang menuangkan air dari keran ke dalam sebuah botol mineral. Tapi bukannya berwarna jernih, air tersebut justru tampak berkelir hitam seperti warna BBM. “Ini bensin. Tidak tahu Pertalite atau Pertamax, yang jelas bensin,” ujar pria berambut putih tersebut.

Dari hasil pengecekan, Area Manager Communication, Relation & CSR Regional Jawa Bagian Barat Pertamina Patra Niaga, Eko Kristiawan, menyatakan tidak ada kontaminasi BBM dan kebocoran pada tangki pendam.

Meski demikian, dari hasil sampel air yang dibawa warga dari sumur yang berjarak empat sampai lima rumah dari SPBU, memang ditemukan indikasi terjadinya campuran BBM jenis Pertalite.

“Posisi perumahan warga di dataran yang lebih tinggi dan berjarak 100 m-150 m atau sekitar tiga sampai empat rumah dari belakang SPBU,” tutur Eko.

BACA JUGA :  Bank DKI Kembali Torehkan Pencapaian Gemilang, Raih 2 Penghargaan dari The Iconomics

Lebih lanjut, Eko mengatakan bahwa Pertamina akan tetap melakukan penyaluran untuk mengosongkan tangki pendam. Dalam waktu dekat, pembersihan tank cleaning dan Hydrostatic/Pneumatic Test bagi tangki dan pipa juga sudah dijadwalkan. SPBU 34.16317 yang awalnya diduga sebagai sumber kebocoran juga bakal tetap beroperasi.

Tapi Eko menuturkan penjualan BBM jenis Pertalite akan dihentikan sementara. “Alternatif SPBU terdekat apabila masyarakat ingin melakukan pengisian BBM Pertalite, yaitu SPBU 34.163.02 dan SPBU 34.163.10,” ungkapnya. (ARH)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini