Wow, Mengejutkan, Suara PSI di Banten Meroket pada Pileg 2024, Berikut Rincian Lengkapnya!

0
457

RADAR TANGSEL RATAS – Suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Banten, pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 mengejutkan karena meroket tajam. Perolehan suara PSI ini meningkat tajam dibanding Pileg 2019.

Jika lolos parliamentary threshold, maka PSI akan mempunyai satu wakilnya di DPR RI di Daerah Pemilihan “Dapil Neraka” Banten III (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan). Yakni melalui calegnya, Isyana Bagoes Oka.

Demikian diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Banten, Muhammad Hafiz Ardianto. “Alhamdulillah, perolehan suara dan kursi PSI di Banten naik signifikan pada Pemilu 2024,” ucap Hafiz.

Dalam keterangan tertulisnya yang dikirim ke Redaksi Kantor Berita ratas.id RADAR TANGSEL, Rabu 13 Maret 2024, Hafiz mengatakan, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berhasil meraih satu kursi untuk DPR RI di “Dapil Neraka” Banten III dengan total suara gabungan sebanyak 203.079 suara. “Jika PSI tembus parliamentary threshold, maka dipastikan Sis Isyana Bagoes Oka yang akan mewakili ke Senayan karena meraih suara terbanyak, yaitu 78.140 suara dibandingkan caleg lain dari PSI,” ujar Hafiz.

BACA JUGA :  Anak Buah Tito Karnavian di Kemendagri (Sugeng Hariyono) Jadi Pj. Gubernur Banten, Ini Jabatan Al Muktabar usai Lengser, Kemungkinan

Isyana yang sebelumnya dikenal sebagai jurnalis dan presenter di beberapa televisi nasional itu akan melenggang ke Senayan bersama beberapa tokoh Banten dan nasional lain seperti Airin Rachmy Diani (Golkar), Rano Karno (PDIP), Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), Wahidin Halim (Nasdem). Dan, beberapa caleg lain.

Kursi DPRD Bertambah untuk PSI

Di Banten, PSI juga mengalami kenaikan suara di beberapa daerah sehingga perwakilan anggota dewan bertambah, ungkap Hafiz. “Khususnya di DPRD Provinsi Banten dan DPRD Kota Tangerang,” lanjutnya.

Pada Pemilu 2024, terang dia, PSI berhasil menempatkan 3 anggota dewan di DPRD Provinsi Banten dari sebelumnya yang hanya 1. “Walaupun belum memenuhi syarat untuk menjadi satu fraksi di DPRD Provinsi Banten, capaian ini meningkat tajam dengan jumlah total suara 37.485 suara di Dapil Kota Tangerang A, 26.450 suara di Dapil Kota Tangerang B dan 60.793 suara di Dapil Kota Tangerang Selatan,” papar Hafiz.

Diuraikannya, total keseluruhan perolehan suara PSI untuk DPRD povinsi se-Banten menyentuh angka yang cukup signifikan. “Yakni 217.762 suara berdasarkan Surat Keputusan Penetapan KPUD Banten,” sebutnya.

BACA JUGA :  Cadas, Anggota DPRD Lebak Terpilh (Rijal) Dukung Penuh Pemekaran Kabupaten Cilangkahan, Gelombang Masyarakat yang Setuju sangat Besar

Selain itu, di DPRD Kota Tangerang, sambunya, PSI juga mengalami kenaikan signifikan dengan tambahan 3 caleg yang lolos menjadi anggota dewan dari sebelumnya hanya 1 kursi. “Dengan empat legislator, PSI bisa membentuk fraksi sendiri di DPRD Kota Tangerang,” tandas Hafiz.

Kenaikan suara PSI di Banten juga terjadi di beberapa wilayah meskipun belum dapat menghadirkan anggota dewan di tempat masing-masing. “PSI telah menjadi warna baru di Banten dan siap melayani masyarakat melalui para anggota dewan terpilihnya di masing-masing tingkatan DPRD,” pungkas mantan sekretaris DPW PSI Banten itu. (AGS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini