Keren, Dua Siswi SMAN 2 Tangsel Raih 2 Medali Emas Olimpiade Sains Nasional 2024

0
27

RATAS – SMAN 2 Tangsel kembali meraih beberapa prestasi. Terbaru, 2 medali emas diraih siswi SMAN 2 Tangsel, yakni Anggraini Safitri (XII IPS 1) dan Haya Izzah Mahira (XII MIPA 3) dalam Olimpiade Sains Nasional 2024 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kontes tersebut berlangsung di Jakarta pada 26 Agustus – 1 September 2024 dengan tema “Merdeka Berprestasi Talenta Sains Menginspirasi”.

Kedua siswa tersebut memenangkan Best Written Response Test dan Best Multimedia Test di bidang geografi, dan mereka juga menjadi Absolute Winner. Dengan dua medali emas dalam bidang geografi, SMAN 2 Kota Tangerang Selatan melampaui wakil lain dari Banten dalam olimpiade dan menjadi yang terbaik.

Sementara itu, Imran, seorang siswa kelas 11, mengembangkan sistem kontrol deteksi dini dan pemadaman kebakaran di bawah tanah lahan gambut berbasis Artificial Intelligence dan teknologi transmisi LoRa. Alat ini menggunakan sensor panas untuk mendeteksi perubahan suhu di bawah tanah yang dapat dipantau melalui aplikasi secara real-time dan diperbarui setiap 20 detik.

BACA JUGA :  Hi, Guys, Gerai Lengkong Buka di Hotel Trembesi BSD, Lho! Yuk Belanja Produk-produk UMKM Tangsel!

Sensor panas yang mendeteksi kenaikan suhu secara signifikan mengirimkan sinyal agar pompa air langsung mengalirkan air pada 8 titik salurannya untuk mencegah kebakaran semakin meluas. Inovasi ini masih dalam bentuk prototipe dan akan dikembangkan lebih lanjut untuk diaplikasikan di lapangan.

Inovasi ini lanjut Imran, akan bersaing dalam Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) pada September. Prototipe telah diuji di Kubu Raya, Kalimantan Barat, pada lahan gambut dengan tingkat keberhasilan 90-100%.

Siswa yang berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dan kontes sangat menghargai dukungan para mentor, pelatih, senior, dan guru yang membantu mereka mencapai prestasi ini. (HDS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini