Di Masjid Istiqlal, Paus Fransiskus Berikan Pesan Kerukunan Umat Beragama

3
23

RATAS – Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus melakukan perjalanan apostolik ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Salah satu agendanya ialah mengunjungi Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat pada Kamis (5/9) besok.

Dalam agenda itu, Paus Fransiskus rencananya akan memberikan pesan di Masjid Istiqlal. Adapun pesan yang diberikan spesifik mengenai kerukunan umat beragama.

“Kegiatan di Masjid Istiqlal itu tuan rumahnya Imam Besar Nazaruddin Umar, acaranya mirip-mirip dengan acara Paus di manapun,” kata Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, Rabu (4/9/2024).

Teknisnya, jelas dia, tamu-tamu akan hadir terlebih dahulu. Nantinya Paus Fransiskus dan Imam Besar Nazaruddin Umar bakal datang bersama memasuki ruangan.

“Imam Besar akan memberikan pidato, kemudian Paus akan memberikan pesan umat beragama spesifik mengenai hal itu karena ini memang dialog lintas agama,” ungkap Suharyo.

Kegiatan itu, kata Suharyo, akan berlangsung secara formal. Bahkan menurutnya tidak akan ada prosesi foto hingga salaman bersama.

“Tidak ada tanya jawab, tidak ada salam-salam, foto juga tidak ada. Jadi sangat formal seperti itu. Saya pernah hadir yang di Korea, Filipina. Semuanya seperti itu, modelnya sama,” tutupnya. (HDS)

BACA JUGA :  Imbas Temuan Transaksi Janggal di Kemenkeu, Komisi III DPR Ramai-Ramai Kritik Kepala PPATK

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini