Dapat Efek “Ekor Jas” Airin Nyalon Gubernur Banten, Golkar Tangsel bakal Cetak “Hattrick” Jadi Juara lagi di Pemilu 2024

0
80

RADAR TANGSEL RATAS – Partai Golkar Tangerang Selatan (Tangsel) diprediksi bakal mencetak hattrick alias menang berturut-turut tiga kali di Pemilu 2024. Salah satu penyebab faktor utama kemenangan Partai Golkar Tangsel nanti adalah adanya coattail effect atau efek ekor jas pencalonan Airin Rachmi Diany di Pemilihan Gubernur Banten (Banten) 2024.

Hal itu seperti diungkapkan Ketua Aliansi Masyarakat Tangerang Selatan (AMATAS), Abdil. “Partai Golkar Tangsel sangat diuntungkan dengan pencalonan kadernya yaitu Airin di Pilgub Banten 2024. Tentu, Golkar Tangsel akan mendapatkan limpahan suara yang banyak akibat pengaruh efek ekor jas (coattail effect) Airin tersebut,” ujarnya, di Tangsel.

Untuk diketahui, “ekor jas” atau pengaruh ekor jas atau efek ekor jas (coattail effect) adalah istilah umum yang merujuk kepada hasil yang diraih oleh suatu pihak dengan cara melibatkan tokoh penting atau tersohor, baik langsung maupun tidak langsung, melalui suatu perhelatan. Dalam psikologi politik, efek ekor jas dapat dimaknai sebagai pengaruh figur atau tokoh dalam meningkatkan suara partai di pemilu.

Saat berbincang-bincang politik dengan awak redaksi Kantor Berita ratas.id RADAR TANGSEL, Kamis, 11 Mei 2023, Abdil mengatakan, efek ekor jas dari pencalonan Airin di Pilgub Banten itu akan mempunyai dampak yang besar untuk Partai Golkar. Mengapa demikian?

“Karena, pertama, popularitas, elektabilitas dan akseptabilitas Airin akan ikut mendongkrak Golkar Tangsel. Apalagi, Airin adalah ketua DPD Partai Golkar Tangsel,” paparnya.

Kedua, kata dia, suara Golkar di Tangsel sangat kuat pada dua pemilu sebelumnya. Dan, lanjutnya, mereka dipastikan akan mati-matian mempertahankan bahkan meningkatkan perolehan suara di 2024.

“Pada Pemilu 2019, Golkar Tangsel memperoleh 124.467 suara atau 16,59 persen. Dan, meraih 10 kursi di DPRD Tangsel. Di Pemilu 2014, Golkar Tangsel mendapatkan 121.868 suara atau 19,57 persen. Pada 2024, mereka punya kader yang jadi bakal calon gubernur, itu tentu akan makin menambah daya dobrak,” urainya.

Yang ke-3, tandasnya, Tangsel adalah lumbung suaranya Golkar di Banten. “Tentu faktor pendongkrak suara Golkar yang lain pasti ada. Seperti, wali kota dan wakil wali kotanya dari Golkar. Dan, ini sangat menguntungkan Golkar,” sebutnya.

BACA JUGA :  Acara SODAX dan Soda Fest PSI Tangsel Berlangsung Meriah, para Kader Militan Berbaur dengan Masyarakat Kecil yang Tumpah Ruah dan Antusias

Diamini Kader Golkar

Bakal meroketnya suara Golkar Tangsel pada Pemilu 2024 itu diamini kader internal beringin. “Aamiin. Iya sepakat (pengaruh pencalonan Bu Airin di Pilgub Banten) akan memiliki dampak signifikan untuk suara Golkar di Pemilu Legislatif (Pileg 2024) tentu,” ungkap Ketua Pimpinan Kecamatan (PK) Partai Golkar Serpong Utara, Piter Abdul Karim atau biasa disapa Olay, kepada ratas.id.

Ketika dimintai tanggapannya, Olay mengatakan, hal itu sangat masuk akal. “Sebab, selama Ibu (Airin) menjabat, banyak meninggalkan kesan positif. Hal itu disebabkan hasil-hasil kerja yang dapat dirasakan oleh banyak pihak, baik di sektor pembangunan maupun kebijakan,” tegasnya.

Olay melanjutkan, secara tidak langsung, hal itu jadi bekal yang baik untuk Ibu Airin nantinya di Pilgub Banten. “Dan juga, baik untuk Partai Golkar Tangsel khususnya. Artinya, Partai Golkar Tangerang Selatan mampu menghadirkan pemimpin yang berkualitas dan berintegritas,” pujinya.

Begitu pun dengan penerus Airin,  terang Olay, yaitu Benyamin Davnie. “Saat ini, Pak Ben (Benyamin Davnie) mampu kerja cepat, kerja cerdas dan kerja tuntas. Variabel ini jugalah yang membuat optimisme Partai Golkar Tangerang Selatan dalam menghadapi pemilu ke depan,” pungkas politisi muda Golkar Tangsel itu.

Sebelumnya diberitakan, tidak main-main, Partai Golkar Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berniat “menyapu habis” sebagian kursi di DPRD pada Pemilu 2024. Dari 50 kursi yang diperebutkan, Golkar memasang target 25 kadernya dapat duduk di DPRD Kota Tangsel.

Hal itu seperti yang diungkapkan Ketua DPD Partai Golkar Tangsel, Airin Rachmi Diany. “Saat ini, kita punya 10 kursi (di DPRD Tangsel). Targetnya, kita bisa dapat 25 kursi (pada Pemilu 2024). Ya namanya target, enggak apa-apa, kan?” ucap Airin saat memberikan orasi politik di Acara Pendidikan Politik dan Pelantikan Pimpinan Kecamatan (PK)-Pimpinan Kelurahan (PL) Partai Golkar Tangsel.

BACA JUGA :  Beredar Isu Pemilu Bakal Digelar dengan Sistem Proporsional Tertutup, Amien Rais 'Sentil' Jokowi Soal Cawe-Cawe

Dalam acara yang digelar di Intermark, Tangsel, Kamis, 5 Januari 2022 itu, Airin tampak yakin dan optimis dengan targetnya tersebut. Hal itu dikarenakan progres Golkar di Tangsel dari Pemilu ke Pemilu sangat baik.

“Kita dari mulai dapat hanya 6 kursi, lalu 9 kursi, kemudian, di Pemilu 2019 dapat 10 kursi. Kita yakin dan optimis. Makanya, saya minta 10 anggota dewan yang memperoleh amanah saat ini harus lebih giat turun, turun dan turun ke masyarakat,” pintanya.

Mantan wali kota Tangsel itu pun optimis dengan targetnya tersebut. Bahkan, politisi perempuan yang saat ini dicalonkan Golkar menjadi gubernur Banten pada Pilkada 2024 itu sebenarnya malah menargetkan 50 persen plus 1.

“51 persen (26 kursi di DPRD Tangsel) malah sebenarnya saya pengennya targetnya. Saya meyakini itu bisa terjadi karena di beberapa daerah yang kepala daerahnya dari Golkar juga bisa punya anggota dewan yang maksimal,” paparnya.

Ia pun mengakui, jika target 25 kursi didapat Golkar di Tangsel, maka jalannya menuju Banten-1 akan makin mudah. Untuk itu, dalam kesempatan tersebut Airin membakar semangat para kader Golkar agar dapat memenangkan Pileg, Pilpres dan Pilkada 2024.

Waketum Golkar Erwin Aksa
Beri Pendidikan Politik

Wakil Ketua Umun (Waketum) Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis, Erwin Aksa dalam acara tersebut memberikan pendidikan dan pemaparan politik mengenai dinamika perpolitikan saat ini. Termasuk, membuka cakrawala peta politik menjelang Pemilu 2024.

Erwin Aksa menyebutkan, saat ini, Golkar adalah partai yang terbuka untuk semua kalangan, suku, agama dan ras. “Kita (Golkar) akan menerima semua kalangan. Kita tidak melihat orang itu sukunya apa, agamanya apa, rasnya apa, pokoknya kita terbuka dan terima semua,” paparnya.

Dia pun meminta agar setiap kader selalu mengingatkan pada masyarakat bahwa Golkar adalah partai yang mempunyai pemimpin (Presiden) yang selalu dirindukan rakyat. “Di tangan Golkar, rakyat sejahtera. Di masa Presiden Soeharto, Golkar membuat rakyat sejahtera dan nyaman. Terbukti, dari survei, Pak Harto adalah Presiden paling tinggi tingkat kepercayaannya dari rakyat,” sebutnya.

BACA JUGA :  Ganteng, Smart, Berpengalaman dan Punya Segudang Prestasi, Bang Zaki Dinilai Kaum Milenial Jakarta Cocok Jadi Pengganti Anies

Untuk Tangsel, Erwin pun sangat mengapresiasi dan memuji Airin. Karena, tukas Erwin, Airin berhasil membangun Tangsel selama dua periode.

“Dan, Tangsel ini jadi ikon IKN (Ibu Kota Negara). BSD, Alam Sutera itu dijadikan contoh untuk IKN. Buktinya dirut Sinar Mas yang di BSD jadi wakil kepala otorita IKN. Dan, Tangsel (BSD) adalah wilayah kota yang berhasil karena banyak dibangun dengan penghijauan. Yang tahu Tangsel ya Bu Airin. Karena, beliau yang berhasil membangun Tangsel dua periode,” cetus Erwin.

Ketua DPD Partai Golkar Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany membakar semangat para kader untuk memenangkan beringin pada Pemilu Legislatif (Pileg), Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Hal itu diungkapkan Airin pada Acara Pendidikan Politik dan Pelantikan Pimpinan Kecamatan  (PK)-Pimpinan Kelurahan (PL) Partai Golkar Tangsel.

Dalam acara yang digelar di Intermark, Tangsel, Kamis, 5 Januari 2022, Airin didampingi Sekretaris DPD Partai Golkar Tangsel, H. Abdul Rasyid atau biasa disapa Ocil. Airin dan Ocil melantik para pengurus PK-PL Partai Golkar Tangsel.

Pada kesempatan itu, Airin mengajak seluruh pengurus PK-PL Partai Golkar Tangsel untuk memenangkan beringin pada pesta demokrasi di 2024. Yaitu menang Pileg, Pilpres dan Pilkada 2024.

“Kita semua harus siap memenangkan Golkar pada Pileg, Pilpres dan Pilkada 2024. Apakah Saudara-Saudara siap?” tanya Airin sesaat usai melantik para pengurus.

Para pengurus PK-PL Partai Golkar Tangsel pun dengan kompak dan semangat menjawab, “siap”. Dalam acara itu, hadir juga Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie.

Wali kota yang diusung Golkar pada Pilkada Tangsel 2020 itu sempat memberikan sambutan. Benyamin Davnie pun mengajak seluruh kader Golkar untuk mewujudkan Tangsel sebagai kota yang “cerdas, modern, religius”.

Selain itu, hadir Wakil Ketua Umun (Waketum) Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis, Erwin Aksa. Juga, para anggota DPRD Kota Tangsel dari Fraksi Partai Golkar. (AGS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini